Rabu, 17 April 2013

Sensasi Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Diposting oleh Unknown di 00.55
Bagaimana sih sensasinya melahirkan ?
Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang menjalani kehamilan. Selain itu melahirkan normal juga merupakan proses melahirkan yang disarankan oleh dunia medis. Dengan menjalani melahirkan normal, salah satunya menandakan bahwa kehamilan yang telah dikandung, atau janin serta ibunya mengalami kesehatan yang baik. Pengalaman menjadi seorang ibu terasa sempurna tatkala merasakan bagaimana perjuangan berat yang harus di lalui saat melewati proses persalinan normal. Namun dibalik semua itu, banyak ibu hamil merasakan kekhawatiran atau ketakutan menjelang melahirkan.
Wajar adanya, karena proses melahirkan merupakan sebuah proses besar yang harus dilalui oleh para ibu hamil. Tenaga, pikiran hingga mental ibu dikerahkan guna melalui proses melahirkan dengan selamat. Salah satu faktor yang menyebabkan rasa khawatir atau takut ketika akan menghadapi proses persalinan adalah bayangan rasa sakit yang akan menimpa para ibu hamil tatkala menjalani proses melahirkan normal. Tidak bisa dipungkiri, memang melahirkan normal akan menimbulkan rasa sakit bagi para ibu. Namun rasa sakit yang di derita para ibu hamil akan berbeda kadarnya, ada yang benar-benar merasakan sakit yang luar biasa, namun banyak pula sakit yang dirasakan hanya sekejap. Tentunya hal ini banyak faktor penyebabnya dimulai dari pengalaman melahirkan, ukuran dan berat bayi, dukungan (suami, keluarga), teknik melahirkan, bahkan dari penolong medis mulai dari dokter atau bidan itu sendiri, dll.
Sebenarnya setiap wanita akan memiliki pengalaman yang berbeda, jadi sulit untuk memberikan satu jawaban yang sama. Tetapi proses melahirkan itu tidak menyakitkan, hanya momen saat kontraksi nya saja yang bisa sedikit membuat rasa nyeri, setelah itu semuanya mudah, termasuk ketika mendorong bayi keluar. Namun jangan biarkan rasa takut itu menghentikan anda untuk menikmati momen berharga ini.
Mungkin anda pernah bertanya Bagaimana sih cara untuk melahirkan normal dan tanpa rasa sakit? Ada beberapa cara yang anda bisa lakukan dan informasi ini sebenarnya tidak hanya penting diketahui oleh ibu hamil, tetapi juga untuk suami dan orang terdekat yang akan membantu anda nantinya. Menyambut kedatangan anak pertama, memang membuat sebagian ibu merasa was was karena belum pernah melahirkan sebelumnya.
Berikut tips-tips yang dapat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan:
1.     Berdoa Kepada Tuhan
Segala sesuatu dalah kehidupan ini tentulah ada yang maha mengatur Yahitu Tuhan. Hanya Dia yang bisa menetukan segalanya terhadap apa-apa yang ada di muka bumi ini, termasuk dalam proses melahirkan yang akan ibu lalui. Jadi berdoa dan berdzikir lah kepada Nya, agar proses melahirkan normal yang akan ibu lalui dapat berjalan dengan lancar dan tentunya keselamatan menghinggapi ibu dan bayi ibu.
2.      Yakin dan Percaya
Hilangkan segala bentuk bayangan atau pikiran bahwa melahirkan itu merupakan sebuah proses yang menyakitkan. Jika kondisi sakit menghantui diri ibu, maka niscaya proses melahirkan memang akan sakit. Tapi tanamkanlah di benak dan pikiran ibu, bahwa melahirkan itulah bukanlah sebuah proses yang menyakitkan, tapi sebuah proses alami yang harus di lalui, dan telah berjuta-juta ibu di muka bumi ini telah melalui proses ini dengan selamat, dan mereka bisa. Percayakan kepada diri anda bahwa melahirkan itu tidak menyakitkan, hal ini akan membantu psikologis ibu, membantu rasa percaya diri dalam menghadapi proses melahirkan normal.
3.      Rileks Menjelangkan Melahirkan
Tegang menjelang proses melahirkan, malah akan membuat otot ibu akan kaku. Jika kondisi ini terjadi, maka proses melahirkan akan terasa menyakitkan. Proses melahirkan membutuhkan otot-otot yang luwes terutama di sekitar pinggul, paha, perut. Karena akan terjadi peregangan otot yang hebat pada saat proses melahirkan. Oleh karena itu rileks menjelang melahirkan akan membuat otot-otot anda luwes, selain itu pikiran ibu pun akan terasa tenang.
4.      Siapkan “ruang luncur” untuk bayi
Hal yang harus Anda ketahui pertama adalah bagaimana keadaan bayi sesaat sebelum kelahiran. Bayi yang berada dalam posisi sedikit miring, kepala ke bawah, akan mempermudah persalinan.
Anda dapat memulai latihan senam ketika bayi dirahim sudah berusia 34 bulan. Caranya adalah, berlutut di lantai atau posisi sedikit condong ke belakang dan bersandarlah pada bola fitness atau kursi sehingga lutut lebih rendah dari bokong sehingga bayi mengarah turun.
5.      Tetap Sehat
Proses melahirkan akan akan berlangsung mudah dan cepat jika kondisi sang ibu sehat dan bugar. Bagaimana caranya, Anda harus makan makanan bergizi seimbang, minum susu, suplemen dari dokter, istirahat cukup, dan banyak bergerak. Anda juga sebaiknya tahu bahwa melahirkan itu membutuhkan kekuatan push/dorong. Jika tidak, Ada tidak akan dapat mendorong bayi untuk keluar.
6.      Pijat Perineum
Lakukan pijat perineum sejak kehamilan memasuki minggu ke-34. Pijat dilakukan di antara vagina dan daerah rektum agar daerah tersebut lebih fleksibel, siap untuk membuka dan meregang, dan untuk mengurangi dampak robekan saat setelah melahirkan. Lakukan pijatan sebelum mandi dengan minyak pijat.
Pijat Perineum
7.      Tetap Aktif Ketika Kontraksi
Rasa sakit ketika konstraksi biasanya membuat ibu menjadi malas-malasan dan selalu tidur. Hal ini tidak disarankan. Ibu hendaklah untuk tetap aktif secara fisik atau berjalan-jalan ketika kontraksi berhenti dan beristirahat ketika kontraksi terjadi.
Jaga posisi tubuh selalu tegak untuk mempercepat pembukaan dan membuat bayi turun dengan lancar.
8.      Teh Raspberry
Teh Raspberry diyakini membantu mempersiapkan rahim sebelum proses melahirkan. Anda harus mencobanya sejak kandungan berusia 36 minggu. Minum hingga 4 cangkir teh raspberry tiap harinya. Teh ini juga tersedia dalam bentuk tablet.
9.      Posisi Jongkok
Posisi jongkok ini layak untuk dicoba selama persalinan. Selain jongkok, Ibu juga dapat mencoba posisi seperti bersujud dengan kepala dialasi dengan bantal. Posisi ini akan mempercepat pengeluaran bayi ke dalam serviks. Cara diatas akan membuat proses melahirkan anda berlangsung normal dan tanpa rasa sakit yang berarti.
Posisi melahirkan jongkok
10.  Dukungan Suami dan Keluarga
Dibutuhkan banyak dukungan guna melewatinya agar berjalan dengan selamat dan lancar. Dukungan suami dan keluarga akan membuat ibu lebih termotivasi. Bahkan rasa cinta suami yang tulus yang tercurah tatkala memijat lembut punggung ibu, membetulkan posisi bantal ibu, atau mengelap keringat ibu akan menjadi daya magic yang luar biasa bagi ibu. Hilanglah rasa sakit saat proses melahirkan, tatkala ibu merasakan betapa tulus dan cintanya suami kepada ibu.
Dunkungan dari Suami



0 komentar:

Posting Komentar

 

Health and Beauty Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea